MiG-35 Pesawat Tempur Dengan Radar AESA Pertama Rusia


Pesawat tempur MiG-35 pre-production Rusia menjalani ujicoba terbang perdana pada tanggal 26 Januari 2017 yang lalu. Pesawat tempur produksi baru ini sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi modern. Salah satunya adalah penggunaan radar berteknologi AESA (Active Electronically Scanned Array) Phazotron-NIIR Zhuk-ME atau Zhuk-AE. Ini membuat pesawat tempur ini menjadi pesawat tempur dengan radar AESA pertama Rusia.
Teknology radar AESA sangat berkembang belakangan ini, negara negara produsen pesawat tempur di dunia ini berlomba lomba mengembangkan teknologi radar AESA. Pesawat tempur generasi terbaru pun sudah dilengkapi dengan radar-radar AESA ini. Amerika disebut sebagai salah satu pionir yang menggunakan radar AESA ini. Sebut saja radar APG-77 pada F-22 Raptor, APG-80 pada F-16 E/F Block 60, APG-63v3 pada F-15 Strike Eagle, dan APG-81 pada pesawat tempur F-35 Lightning II.
Sedangkan negara Eropa juga tidak mau tertinggal, sebut saja generasi terbaru pesawat tempur Dassault Rafale dari Prancis dan EF Typhoon juga sudah menggunakan radar AESA generasi terbaru. Salah satu pesawat tempur dengan radar AESA yang masih dalam pengembangan adalah pesawat tempur SAAB Gripen E/F dari Swedia.
Pesawat tempur MiG-35 pre production pertama Rusia berhasil terbang perdana. Image Source : UAC
Militer Rusia yang tidak mau tertinggal dari segi technology dari negara lain, juga mencoba mengejar ketertinggalan. Rusia mengembangkan radar Phazotron-NIIR Zhuk-ME/AE yang di rancang untuk menjadi radar AESA untuk pesawat tempur MiG-35 Fulcrum F. selain itu, industry Rusia juga mengembangkan radar Tikhomirov NIIP N036 AESA yang direncanakan akan menjadi radar andalan pesawat tempur T-50 PAKFA yang masih dalam tahap prototype hingga saat ini.
Mengenal Pesawat Tempur MiG-35 Fulcrum F
Pesawat tempur MiG-35 Fulcrum F sendiri merupakan varian tercanggih dari keluarga pesawat tempur MiG-29 Fulcrum. Pesawat tempur ini dikembangkan dari pesawat tempur MiG-29M/M2 milik Rusia. Prototype pesawat tempur MiG-35 sendiri sudah ada sejak tahun 2009 yang lalu, dimana satu unit pesawat tempur MiG-29M2 di modifikasi dengan menggunakan system dan avionic pesawat tempur MiG-35. Dan selanjutnya beberapa prototype pesawat tempur MiG-35 ini juga dibuat, dengan memodifikasi pesawat tempur MiG-29.
Beberapa sumber menyebutkan keseluruhan system yang terdapat pesawat tempur produksi baru ini sudah di produksi sendiri oleh Rusia di dalam negerinya. Pesawat tempur ini juga dirancang dengan teknologi yang jauh lebih modern dibandingkan pendahulunya MiG-29 Fulcrum. Biaya operasional pesawat tempur MiG-35 ini dikabarkan 2,5 kali lebih murah dibandingkan dengan pesawat tempur MiG-29 Fulcrum.
Selain menggunakan technology radar AESA, pesawat tempur modern ini juga dilengkapi dengan sederet peralatan canggih lainnya. Sebut saja targeting pod internal OLS-KE yang mampu melihat target di permukaan dengan sangat baik. Pesawat tempur ini juga memiliki jammer MSP-418KE yang berguna untuk mendeteksi ancaman dari rudal serangan udara (SAM) maupun pesawat tempur lain.
Avionic Pesawat tempur MiG-35 Rusia
Pesawat tempur MiG-35 Fulcrum F ini ditenagai oleh 2 unit mesin RD-33MK yang lebih modern dan efisien dibandingkan dengan mesin RD-33 yang ada pada pesawat tempur MiG-29 Fulcrum. Mesin RD-33MK ini juga dikabarkan dapat ditambahkan teknologi TVC (thrust vectoring control) yang mampu membuat pesawat semakin lincah dalam bermanufer.
[Baca Juga : Pesawat Tempur MiG-35 Baru Rusia Test Terbang Perdana]
Pesawat tempur MiG-35 Fulcrum F ini diharapkan Rusia menjadi penerus kesuksesan penjualan pesawat tempur MiG-29 Fulcrum di seluruh dunia. Namun tantangannya tampaknya tidak akan mulus mengingat banyak negara yang dulunya pengguna pesawat tempur MiG-29 Fulcrum mulai beralih menggunakan pesawat tempur buatan barat seperti F-16 Fighting Falcon, SAAB Gripen dan lainnya.
Namun harapan tetap ada pesawat tempur ini laku dipasaran, asalkan Rusia sebagai negara produsen mau membeli terlebih dahulu. Militer Rusia sendiri dikabarkan sudah tertarik memperlengkapi kekuatan alutsista militernya dengan rencana pembelian 30 unit pesawat tempur MiG-35 Fulcrum F ini. Pesanan Rusia ini tampaknya ditujukan untuk mempertahankan lini produksi pabikran MiG sembari menunggu pesanan baru dari negara lain. Namun pejabar militer Rusia menyebutkan akan menggantikan semua pesawat tempur Mig-29 lawas dengan pesawat tempur MiG-35 Funcrum F dimasa datang.
[Baca Juga : Mesir Beli 46 Unit Pesawat Tempur Mig-29 dari Rusia ]
Beberapa negara lain juga dikabarkan tertarik membeli pesawat tempur ini. Salah satunya adalah Mesir yang dikabarkan tertarik untuk membeli sekitar 50 unit pesawat tempur MiG-35 Fulcrum ini. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa Mesir tidak jadi membeli pesawat tempur MiG-35, tetapi lebih memilih pesawat tempur MiG-29.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Galeri Foto Gus Maksum Lirboyo & Biografi

Ketua Pusat Pagar Nusa dari Masa ke Masa

Sejarah PENCAK SILAT NU PAGAR NUSA DAN GUS MKSUM GURU BESAR PAGAR NUSA