JUMLAH PESAWAT TEMPUR INDONESIA


Jumlah Pesawat Jet Indonesia – Tentu kendaraan ini sangat diperlukan oleh Negara manapun dalam rangka untuk mempertahankan kedaulatan Negara dan untuk melawan musuh. Dengan pesawat jet, maka suatu Negara akan lebih taktis dalam mempertahankan wiayah negaranya karena pesawat jet bekerja dengan senyap di udara, dan secara cepat dapat melumpuhkan musuh-musuhnya yang berada di darat maupun di laut dengan seksama.
Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh masyarakat di Indonesia terkait dengan dunia kemiliteran, khususnya dunia kemiliteran angkatan udara Indonesia adalah berapa jumlah pesawat jet Indonesia. Hal tersebut sangatlah masuk akal karena pada dasarnya banyak orang Indonesia juga ingin tahu bagaimana kekuatan alutsista yang sekarang ini ada di tanah air, khususnya alutsista penerbangan tanah air.
Dengan menjawabnya secara gamblang dan jelas, maka diharapkan orang Indonesia dapat tahu secara pasti berapa jumlah pasti berapa jumlah pesawat jet Indonesia tahun 2016. Namun tentunya ini merupakan pesawat yang baik dan mampu bersaing dengan pesawat lainnya.
Saat ini, Angkatan udara Indonesia memiliki kurang lebih 66 unit pesawat tempur yang terbagi dalam beberapa varian berdasarkan fungsinya. Hal tersebut membuat angkatan udara Indonesia termasuk salah satu kekuatan yang sangat diperhitungkan di Asia Tenggara. Yak, langsung saja kita saksikan beberapa varian pesawat jet Indonesia tahun 2016 dibawah ini.
Jumlah Pesawat Jet Indonesia
1. Bae Hawk 209
Merupakan pesawat jet yang dipergunakan untuk latihan penerbangan. Walaupun hanya berstatus sebagai pesawat latihan, namun varian Hawk 209 ini telah dilengkapi dengan persenjataan yang lumayan baik, contohnya rudal AIM-9 dan radar modern APG-66. Pesawat ini diekspor dari Amerika pada 1997.
2. T-50 Golden Eagle
Adalah pesawat jet untuk latihan penerbangan supersonik. Pesawat jet yang dikembangkan oleh Amerika dan Korea Selatan ini selain digunakan untuk latihan, dapat juga digunakan sebagai pesawat serang ringan. Pesawat yang mampu mencapai kecepatan supersonic ini mempunyai persenjataan yang mumpuni, contohnya rudal jarak jauh untuk menghalau musuh.
3. F-16 Fighting Falcon

Pesawat tempur buatan Amerika Serikat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur ringan. Seiring waktu berjalan, pesawat ini lebih popular sebagai pesawat multi-peran. Pesawat ini begitu popular karena mampu menjalankan beberapa misi yang notabene sulit dan kini dipakai oleh 25 angkatan udara dunia.
4. Sukhoi Su-30

Sukhoi Su-30 mempunyai kode NATO yakni flanker-C. Pesawat asli Russia ini dikembangkan dengan sangat apik pada 1997. Pesawat ini begitu handal sebagai pesawat serang darat karena memiliki persenjataan berat yang sangat baik.
5. Sukhoi Su-27

Sukhoi Su-27 memiliki kode NATO flanker. Merupakan pesawat tempur jarak jauh yang dikembangkan oleh Uni Soviet. Pesawat ini memiliki kelincahan yang sangat apik dan persenjataan yang baik. Pesawat ini dirancang khusus untuk misi pesawat tempur pendukung di jarak menengah-dekat.
6. F-33

Dalam menggenapi jumlah pesawat jet Indonesia, angkatan udara Indonesia membuat proyek bersama Korea Selatan untuk membuat sebuah varian pesawat tempur canggih pada 2001. Pesawat yang dinamai F-33 ini merupakan pesawat jet bermesin kembar dengan kemampuan yang sangat apik, seperti mode siluman. Pesawat jet ini mengemban tugas khusus untuk keamanan Negara Indonesia dari serangan musuh.

7.super tucano
Pesawat pabrikan embair brazil ini merupakan pesawat anti griliya yg menggunakan mesin tunggal baling" turboprop.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Galeri Foto Gus Maksum Lirboyo & Biografi

Ketua Pusat Pagar Nusa dari Masa ke Masa

Sejarah PENCAK SILAT NU PAGAR NUSA DAN GUS MKSUM GURU BESAR PAGAR NUSA