Galeri Foto Gus Maksum Lirboyo & Biografi


 KH Maksum Jauhari atau lebih dikenal sebagai Gus Maksum adalah salah satu pendiri Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa (PSNU Pagar Nusa). 


Gus Maksum terkenal sebagai salah satu kyai nyentrik. Ia berpenampilan tak biasa, jika dibandingkan kyai-kyai lainnya.

Gus Maksum memiliki rambut panjang alias gondrong, dengan jenggot dan kumis tebal. Tak hanya itu, ciri khasnya juga selalu memakai sarung tinggi nyaris selutut. 

Baca juga: 


 Gus Maksum lahir di Kanigoro, Kras, Kediri, pada tanggal 8 Agustus 1944. Dia adalah seorang cucu pendiri Pondok Pesantren Lirboyo KH Manaf Abdul Karim.



Semasa kecil Gus Maksum belajar kepada orang tuanya KH Abdullah Jauhari di Kanigoro. Ia menempuh pendidikan di SD Kanigoro (1957) lalu melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Lirboyo, namun tidak sampai tamat.


Selebihnya, ia lebih senang mengembara ke berbagai daerah untuk berguru ilmu silat, tenaga dalam, pengobatan dan kejadukan.

Pada tanggal 3 Januari 1986, di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur digelar musyawarah dihadiri tokoh-tokoh pencak silat dari berbagai daerah.

Dalam musyawarah tersebut disepakati pembentukan organisasi pencak silat NU bernama Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama atau Pagar Nusa.Pagar Nusa merupakan kepanjangan dari Pagarnya NU dan Bangsa. Gus Maksum sebagai ketua umumnya.



Pengukuhan Gus Maksum sebagai ketua umum Pagar Nusa itu dilakukan oleh Ketua Umum PBNU KH Abdurrahman Wahid dan Rais Aam KH Ahmad Sidiq.


Pagar nusa gus maksum
Foto gus maksum
Gus maksum lirboyo
Biografi gus maksum lirboyo
Biografi gus maksum
Sejarah pagar nusa
Gus maksum
Gus maksum pagar nusa



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketua Pusat Pagar Nusa dari Masa ke Masa

Sejarah PENCAK SILAT NU PAGAR NUSA DAN GUS MKSUM GURU BESAR PAGAR NUSA